Senin, 24 Oktober 2011

apa itu teknik industri?

Ada beberapa definisi tentang Teknik Industri (Industrial Engineering) yang saya dapatkan dari beberapa sumber berbeda. Menurut kamus Webster, Teknik Industri adalah disiplim ilmu teknik yang berkaitan langsung dengan perancangan, perbaikan, dan instalasi sistem yang terintegrasi yang berupa orang, material, dan energi di dalam suatu industri.
Kamus ringkas Britannica mendefinisikannya sebagai aplikasi prinsip ilmu rekayasa dan teknik manajemen ilmiah untuk memelihara suatu tingkat produktifitas pada biaya optimum di dalam suatu perusahaan industri.
Definisi Teknik Industri menurut Wikipedia yaitu disiplin teknik yang berkaitan dengan perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi system terintegrasi seperti orang, pengetahuan, material, peralatan, dan energi dan dibangun atas prinsip dan metode analisis rekayasa dan sintesis seperti matematika, fisika, dan ilmu sosial. Seorang ahli teknik industri bekerja untuk mengeliminsi pemborosan dalam hal waktu, uang, material, energi, dan sumber daya lainnya.
Microsoft Encarta mendefinisikan Teknik Industri sebagai suatu lapangan keilmuan yang mengacu pada penggunaan alat-alat mesin, buruh, dan material mentah di dalam industri produksi yang efisien yang sebagiannya sangat mementingkan pandangan mengenai biaya dan ekonomi produksi, keselamatan kerja dan operator, dan pengembangan mesin otomatis yang menguntungkan.
Sementara teknik industri menurut Institute of Industrial Engineering (IIE) terkait dengan perancangan, perbaikan, dan instalasi sistem terintegrasi seperti orang, material, informasi, peralatan, dan energi dan dibangun atas pengetahuan dan keahlian khusus dalam bidang matematika, fisika, dan ilmu sosial bersama-sama dengan prinsip dan metode analisis rekayasa dan desain untuk menetapkan, memprediksi, dan mengevalusi hasil yang akan dicapai dari suatu sistem.
Sejauh pengamatan saya disiplim teknik industri di beberapa universitas di dunia sangat dekat dengan Systems Engineering. Sering saya menemukan disiplin Industrial Engineering di sekolah-sekolah tersebut disatukan menjadi satu deprtemen menjadi Industrial and Systems Engineering. Bagi saya, seorang insinyur Teknik Industri adalah seorang generalis yang memandang sesuatunya secara holistik sebagai suatu sistem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar